Tuesday, May 24, 2011

SELAMATKAN WANITA DAN ANAK – ANAK


Radar, 29 Juli 06

Surabaya - DR. SOETOMO-RADAR Aksi solidaritas untuk warga palestina dan lebanon terus mengalir. Jumat (28/7), puluhan aktivis perempuan yang mengatasnamakan Persaudaraan muslimah ( Salimah) jatim meluruk konsulat jendral ( Konjen ) Amerika Serikat (AS), Jl. Dr. Soetomo. Mereka  menuntut penghentian agresi israel atas palestina dan lebanon yang sudah memakan korban wanita dan anak – anak.
            Aksi damai yang diikuti sekitar 200 orang, hampir semuanya perwempuan , sebagian anak – anak, dimulai pukal 13.30 .namun, mereka tidak bisa mendekati gerbang konjen AS. Pengunjuk rasa tertahan blokade polisi sekitar 50 meter dari konjen AS.
            Poster – poster bernada hujatan dan kecaman atas tindakan  biadab israel atas warga palestina dan lebanon dibentangkan. Bunyinya, antara lain : save palestine and lebanon, agresi israel mencacatkan wanita dan anak – anak, dan Amerika sebagai pelindung teroris.
            Kami mendukung pemerintah palestina dan lebanon serta menentang agresi israel yang mengakibatkan korban rakyat sipil terutama wanita dan anak – anak, ujar ketua PW salimah jatim rita pane. Wanita dan anak – anak yang tidak punya kekuatan membela diri malah menjadi korban tentara – tentara dan rudal israel.
            Aksi dibuka dengan happening art beberapa perempuan, yang memerankan warga palestina dan lebanon. Perempuan yang lain berperan sebagai PBB. Yang seakan – akan tidak mampu berbuat apa – apa. Hanya menyaksikan kekejaman tentara israel.
            Lewat aksinya, Salimah menuntut agresi israel atas palestina dan lebanon segera distop untuk menyelamatkan rakyat sipil, terutama wanita dan anak – anak. Sali8mah juga menuntut penegakan hak asasi manusia ( HAM ) di seluruh dunia, dan mendorong pemerintah Indonesia konsisten menutup hubungan diplomatik dengan Israel. Salimah juga menghimbau pengumpulan bantuan bagi rakyat palestina dan lebanon. (put)  


No comments:

Post a Comment