Wednesday, May 25, 2011

ALEG PEREMPUAN 30% JAUH DARI HARAPAN


Surabaya - DPW PKA Jatim menilai kuota anggota legislative (aleg) perempuan masih jauh dari harapan. Padahal dalam UU No. 12 /2003 tentang pemilu, dan DPR/DPRD yang mengidealkan 30 persen anggota legislative (aleg perempuan). Buktinya, sanpai saat ini di jatim saja aleg PKS hanya ada dua yakni DPRD Surabaya dan kota malang.
“ Anggota legislative perempuan hanya mendapatkan kursi sebesar 11% saja dari total kursi legislative. Jika dihitung, maka prosentase keberhasilan baru mencapai 36,67 % dari target yang diharapakan”,Ujar Evi Widyastuti, ketua deputi Pemberdayaan wanita DPW PKS Jatim, disela-sela rakor kewanitaan PKS di Asrama Haji Surabaya, Kemarin.
Walaupun begitu, ia berharap aleg perempuan tetapmemperjuangkan kasus-kasus yang mendesak, misalnya pelecehan seksual, kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), keselamatan TKW hingga penjuakan anak dibawah umur dan wanita (trafficking).
“Dengan persosalan diatas,mmestinya kaum perempuan jangan terjebak dengan indicator kuantitas keterwakilan perempuan saja, tapi bagaiamana pemeberdayaan perempuan bias ditingkatkan sedemikian rupa  sehingga perempuan bias lebih berdaya,” tandasnya.
Yulyani, salah satu aleg perempuan PKS di DPRD Surabaya memberikan penilaian bahwa ada 4 hal yang dapat meningkatkan peranpolitik perempuan.
“Perempuan harus cerdas, tidak boleh terjebak pada isu gender tapi harus mampu berbicara tentang isu-isu bersama. Perempuan harus berani dan harus tampil beda, persoaannya bagaiaman perempuan itu bias melakukan pemberdayaan potensi yang ada pada dirinya.” Imbuhnya.
Harian Bangsa,


No comments:

Post a Comment