Wednesday, April 13, 2011

SAMBUT HARI BUMI 22 APRIL PKS GELAR AKSI TEATRIKAL


SurabayaPos Penanggulangan Bencana (P2B) PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Jawa Timur menggelar aksi simpatik untuk memaknai hari bumi tahun 2007. Aksi yang digelar didepan gedung Grahadi, minggu (22/4) tersebut menampilkan aksi tetatrikal yang bercerita tentang rusaknya hutan akibat  prilaku ilegal logging, mereka juga memasang sepanduk bertuliskan: “stop ilegal logging, selamatkan bumi, selamatkan anak cucu kita”.
Dipo Hadi selaku koordinator aksi mengatakan, bumi yang merupakan  habitat semua makhluk hidup semakin lama semakin berat bebannya. Kebutuhan manusia yang semakin banyak dan beragam, antara lain hanya bisa dipenuhi melalui pemanfaatan sumber daya alam. Maka kalau pemanfaatan sumber daya alam tersebut kurang baik, akan terjadi perubahan yang mengarah pada kerusakan. Padahal semestinya manusia berkewajiban mengelola SDA yang ada di bumi, agar bermanfaat bagi semua makhluk hidup dalam jangka waktu panjang,” katanaya.
Kerusakan hutan tidak hanya menjatuhkan aktivitas nilai ekonomi. Lebih jauh lagi bisa menyebabkan terjadinya bencana lingkungan. Pada hal lingkungan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap infrastruktur sosial dan ekonomi masyarakat.”laju kerusakan hutan periode 1985-1997 tercatat 1,6 juta hektare per tahun. Sedangkan pada periode 1997-2000 menjadi 3,8 juta hektare pertahun. Ini menjadikan indonesia merupakan salah satu tempat dengan tingkat kerusakan hutan tertinggi dunia, “urainya.
Akibat kondisi tersebut, terjadi banjir dimana-mana.” Jawa Timur juga terkena dampak dari maraknya kerusakan hutan ini seperti banjir di Situbondo, Jember, Mojokerto, Ngawi, Trenggalek, Bondowoso, dan Pacitan,” tambahnya .
Dalam aksi tersebut, dilakukan pembagian tanaman bunga kepad pengguna jalan yang lewat. Sehingga membuat arus lalu lintas di jalan Gubernur Suryo menjadi sedikit tersendat.
Surabaya Post

No comments:

Post a Comment