Wednesday, April 20, 2011

PEMKAB DIDESAK BUAT KONSEP RELOKASI


Sidoarjo - Pemkab Sidoarjo didesak segera membuat konsep tentang relokasi untuk warga yang terkena dampak luapan lumpur. Pasalnya, saat ini belum ada konsep terkait rencana relokasi tersebut.
“Saat ini beberapa solusi harus disiapkan terkait rencana relokasi tersebut. Untuk itu, saya mendesak Pemkab agar segera membuat konsep tentang relokasi bagi warga yang terkena dampak luapan Lumpur,” kata Hilmi Musa, anggota komisi A DPRD Sidoarjo, kapada wartawan, Rabu (9/8).
Hilmi menilai sekarang ini Pemkab belum mempunyai konsep yang jelas terkait relokasi. Padahal relokasi yang menjadi salah satu solusi untuk menyelamatkan warga itu sangat diperlukan. Mengingat saat ini banyak kolam penampungan Lumpur (pond) yang penuh dan sebentar lagi akan datang musim penghujan.
“Entah masyarakat menerima atau tidak, tapi konsep itu perlu segera dibuat. Apalagi dalam kondisi bencana seperti sekarang ini,” tandas anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa Keadilan DPRD Sidoarjo itu.
Kritikan itu dilontarkan lantaran sampai saat ini belum ada konsep relokasi yang jelas dari Pemkab. Termasuk belum dimasukkan dalam pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sidoarjo 2005-2010.
“Harusnya konsep relokasi yang diharapkan menjadi salah satu solusi untuk penanggulangan bencana banjir Lumpur juga juga dituangkan dalam RPJMD. Kenyataannya konsep itu tidak dicantumkan,” lanjut anggota pansus I yang membahas RPJMD Kabupaten Sidoarjo 2005-2010 itu.
Dikatakan, urusan konsep itu merupakan kewajiban Pemkab. Sedangkan bagi warga yang menolak konsep itu nantinya bakal menjadi masukan tersendiri. Yang jelas, menurut dia, konsep relokasi harus dibuat, termasuk di dalamnya disebutkan rencana relokasi, dana yang dibutuhkan, hingga hambatan dan kendala-kendalanya.
“Jangan sampai saat musibah terjadi, nanti kita tergesa-gesa cari solusinya. Karena melihat semburan lumpuryang tak kunjung berhenti, alternatif dan segala solusi harus dicari secepatnya,” imbuhnya.
Seperti diketahui, wacana relokasi saat ini sudah mulai hangat dibicarakan. Bahkan dari kalangan pengusaha yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) Kabupaten Sidoarjo siap mendukung rencan itu. (rud)



No comments:

Post a Comment