Tuesday, April 19, 2011

PEMPROV JATIM BANGUN 1000 RUMAH



Surabaya -  untuk meringankan korban gempa bumi di daerah Istimewa Jogjakarta pemerintah provinsi Jawa Timur berencana membantu pembangunan 500 rumah hingga 1000 rumah. Meski demikian, belum diketahui besarnya dana yang dibutuhkan karena harus dikoordinasian dengan Gubernur DI Jogjakarta mengenai desain, bahanbangunan, dan konstruksinya.
Gubernur Jawa Timur Imam Utomo pada rabu (31/5) di Surabaya mengatakan, teknis pembangunan rumah bantuan tersebut akan dikoordinasikan dengan berbagai pihak termasuk Institut Teknologi sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.
Adapun dana pembangunan rumah bagi korban bencana tersebut rencanannya dialokasikan melalui Perubahan Anggaran Keuangan Pendapatan dan Belanja Daerah Jatim 2006.
Dekan Teknik Sipil dan Perencanaan ITS Surabaya Priyo Suprobo mengatakan , meski belum mengetahui rencana pemerintah propinsi Jatim, konstruksi rumah yang paling bagus untuk Jogjakarta adalah rangka baja dan berdinding particleboard.

Relawan bergilir
Sementara itu bagian Hubungan masyarakat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jatim Irwan mengatakan bahwa relawan PKS gelombang satu, sebanyak 40 orang, sudah ditarik ke daerah masing-masing. Adapun relawan gelombang kedua masih dilokasi bencana . pada rabu malam relawan gelombang tiga akan diberangkatkan sehingga jumlah relawan yang berada di lokasi sekitar seratus orang.
Ketua Studi Aksi demokrasi Riza Rahman mengatakan, Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi kurang optimal dalam menyalurkan bantuan kepada para korban bencana. Karena itu , pihaknya akan menyalurkan sendiri bantuan kepada korban bencana gempa di DI Jogjakarta dan Jateng.
Kompas, 1 Juni 2006

No comments:

Post a Comment