Sunday, April 17, 2011

BANTUAN JOGJA DISELEWENGKAN


DPW PKS Jatim kembali mengirimkan relawan ke lokasi bencana Jogjakarta dan Jawa Tengah, Minggu(4/6). Sebanyak 40 relawan yang dibagi dalam empat regu dikirim untuk mendistribusikan bahan makanan dan membantu membersihkan rumah warga yang ambruk.
Pemberangkatan regu relawan ini dilakukan di Kantor DPW PKS Jl. Galaxi Bumi Permai, Surabaya. Para relawan berasal dari Surabaya, Lamongan, Sidoarjo, dan Pacitan.
Ketua Pos Penanggulangan Bencana JatimJuli Wibowo mengatakan, PKS sudah melakukan penggalangan dana, diantaranya dengan instruksi ke kader agar menyumbang Rp.10 ribu dan anggota legislative menyisihkan gaji untuk disumbangkan. Anggota DPRD Jatim Rp.2,5 juta per orang dan DPRD Kabupaten/Kota Rp.500rb per orang. “Hingga saat ini sudah terkumpul dana lebih dari Rp.224 juta,” imbuh dia.dana itu untuk proses penanggulangan bencana pada masa daruratdan recovery.
Relawan PKS sempat menemukan indikasi penyimpangan bantuan bencana.terutama bantuan dari pemerintah yang masuk melalui aparat kecamatan. Salah satu yang ditemukan tim Desa Mulyodadi, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul.
“Bantuan yang sampai ke posko tidak sesuai dengan jumlah yang kita tanda tangani,” kata Juli. Ia mencontohkan, tim di posko menandatangani selimut 30 lembar, ternyata yang datang 25 lembar. Tikar dari 20 buah ternyata yang diterima ada 15.alasan dari aparat kecamatan, sebagian sudah dibagikan langsung ke korban.(put)
Radar, 5 Juni 2006

No comments:

Post a Comment