Wednesday, April 27, 2011

PKS ANUGERAHKAN AWARD PADA TOKOH MASYARAKAT PEDULI SOSIAL


Surabaya - Dewan Pimpinan Wilayah(DPW) Partai Keadilan Sejahtera(PKS) menganugerahkan award pada lima tokoh masyarakat di Jatim. Mereka dinilai memberikan sumbangsihnya sebrupa aksi kerja nyata, yang sudah dilakukan dan berdampak pada perubahan masyarakat yang lebih baik.
Kelima tokoh itu adalah DR Ir Alisjahbana sebagai tokoh peduli sosial, Prof DR Yulinah Trihadiningrum, MSc sebagai tokoh lingkungan, Yayuk HN sebagai tokoh wanita, KH Ja’far Shodiq sebagai tokoh dakwah, dan Supandi SP sebagai tokoh peternakan.
Award yang diberikan ini, berbeda dengan award lainnya. Award yang diberikan berupa sertifikat dan plakat. “Tidak materi yang bernilai. Namun dengan konsistensi mereka diharapkan menjadi inspirasi seluruh masyarakat,” kata ketua DPW PKS Jatim Ja’far pada Bhirawa kemarin.
Menurutnya pemberian award ini melalui seleksi yang cukup ketat. “Kelima tokoh ini yang akhirnya terpilih. Sebenarnya kita targetnya ada 9 tokoh yang mendapatkan award seperti di bidang buruh dan pekerja. Namun, nyatanya proses seleksi hanya lima tokoh saja. Mungkin ke depannya sesuai target,” jelasnya.
Setelah pemberian award PKS bermaksud agar para tokoh ini bisa memberikan sumbangsih pemikirannya melalui diskusi terbatas yang tidak mengikat. “Setidaknya harus ada sumbang saran berupa pemikiran atau sharing untuk kepentingan masyarakat ke depannya,” katanya.
Ja’far mengharapkan, tahun ini PKS mencanangkan program pembenahan pelayanan pada masyarakat. Untuk itu, PKS harus bisa diversitifikasi untuk pelayanan yang lengkap. “Selama ini resources(sumber daya manusia) terbatas sehingga di mata masyarakat, sehingga yang ada di pikiran mereka hanya ada pelayanan kesehatan. Sebenarnya tidak hanya itu, banyak pelayanan yang ditonjolkan ke depan,” ujarnya.
Pencanangan program pembenahan pelayanan pada masyarakat itulah maka PKS juga mendeklarasikan dirinya siap untuk melayani masyarakat.
Ada tiga ‘mesin’ pelayanan yang ditonjolkan partai dikenal dakwah, yaitu pertama, Pelayanan Rakyat Adil Sejahtera(PRAS) di dalamnya selain program kesehatan juga ada pelatihan pembuatan biogas berasal dari kotoran ternak sapi bagi enam kabupaten di Jatim yaitu Probolinggo, Ngawi, Gresik, Bangkalan, Pamekasan, dan Mojokerto.
Kedua, Pos Wanita Keadilan (PWK) bersegmen pada pemberdayaan wanita berupa pelatihan dan keterampilan yang praktis. “Di antaranya seperti jahit menjahit. Inginnya kita juga memberikan pembinaan pada permasalahan keluarga yang cukup kompleks,” tambahnya.
Ketiga, Pos Penanggulangan Bencana(P2B), ke depannya pos ini tidak hanya berorientasi pada pasca bencana, namun pra bencana pun harus sudah berjalan. “Untuk itulah, semua program itu kan kita genjot pada tahun ini,” katanya.(rac)
Bhirawa - 21 Mei 2007

No comments:

Post a Comment