Wednesday, June 8, 2011

LATIH CALON PENGUSAHA


Surabaya - DPW Partai Keadilan Sejahtera(PKS) Jatim menggelar pelatihan kewirausahaan untuk para calon pengusaha, di Balai Pendidikan dan Latihan(diklat) Pekerjaan Umum, Gayung Kebonsari. Pelatihan yang diadakan Minggu (25/12) itu, bertujuan meningkatkan kesadaran wirausaha kepada para calon pengusaha.
Ketua Deputi Usaha Kecil Menengah (UKM) DPW PKS Jatim Basuki Abdul Azis, di sela-sela pelatihan, kemarin, mengatakan, saat ini UKM mengalami masalah dalam perkembangannya. Misalnya, sedikit pemain bisnis yang tangguh, banyak yang belum mampu memanfaatkan potensi pasar yang ada, dan pencatatan keuangan bisnis yang kurang baik.
“Selain itu, kurangnya kompetensi yang dimiliki UKM dan rendahnya budaya wirausaha, mempengaruhi perkembangan UKM di masa sekarang,” imbuhnya. Karena itu pelatihan tersebut diadakan untuk meningkatkan kesadaran peran penting wirausaha. “Yaitu dengan menanamkan mindset kewirausahaan serta menumbuhkan motivasi dan semangat kewirausahaan,” jelasnya.
Pelatihan yang diikuti 78 calon pengusaha itu, dirancang dengan metode edukasi berupa ceramah dan simulasi. Panitia memberikan beberapa syarat untuk yang ingin mengikuti pelatihan, di antaranya punya bakat usaha, mampu mengoperasikan PC atau notebook, dan memiliki kemampuan manajerial.
Peserta mendapatkan materi untuk bekal menjadi pengusaha, mulai dari memahami konsep dasar dan peran kewirausahaan, tren model usaha saat ini, dan analisis kelayakan usaha. Para tentor juga membeberkan kisah sukses berwirausaha, bagaimana mengawali sebuah bisnis, dan rencana bisnis yang efektif.(put)

Radar, 26 Desember 2006

No comments:

Post a Comment